Selain Jus, Ini 10 Minuman Olahan Jeruk yang Menyegarkan

Buah jeruk, merupakan salah satu jenis buah yang cukup digemari di Indonesia. Sebab, buah ini mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari kadar vitamin C tinggi yang berguna untuk menjaga imunitas tubuh, serat yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, hingga kalori sebagai sumber energi. Harga jeruk juga terjangkau dan mudah ditemukan, baik di pasar tradisional ataupun di berbagai supermarket besar.

Selain langsung dimakan begitu saja, buah jeruk juga dapat diolah menjadi beragam jenis makanan dan minuman. Jus jeruk yang segar di tengah hari yang terik, tentu menjadi pilihan yang menarik. Eits, ternyata jeruk tidak hanya dapat diolah menjadi bentuk jus saja, lho. Berikut minuman olahan jeruk yang tak kalah menyegarkan dari jus jeruk.

Ini olahan jeruk yang tak kalah menyegarkan dari jus jeruk

1. Es Soda Nipis

Selain jenis jeruk manis, terdapat pula jeruk nipis yang tak kalah banyak peminatnya. Jeruk nipis ini memiliki rasa asam yang dominan, sehingga cocok diolah menjadi minuman segar. Untuk membuat es soda nipis, kamu hanya perlu menyiapkan jeruk nipis, soda tawar, gula batu yang telah dicairkan, air putih serta es batu secukupnya.

Peras sebagian jeruk nipis, sisihkan air perasannya di wadah khusus. Ambil jeruk nipis lainnya, iris bulat. Kemudian tata es batu dan irisan jeruk nipis ini dalam gelas saji. Tuangkan gula cair secukupnya, air perasan jeruk nipis, dan terakhir tuangkan soda tawar ke dalam gelas saji. Es soda nipis siap disajikan.

2. Blue Ocean Ice

Nama minuman yang satu ini terdengar begitu menyegarkan, bukan? Rasanya pun tak kalah menyegarkan, lho. Untuk membuat blue ocean ice, kamu hanya perlu menyiapkan air perasan jeruk manis, gula batu yang dicairkan, soda berwarna biru, serta es batu secukupnya.

Campurkan air perasan jeruk manis dengan gula batu cair hingga mengental, kemudian tuangkan dalam gelas saji. Setelahnya, tuangkan soda berwarna biru ke dalam gelas, dan tambahkan es batu agar blue ocean ice yang disajikan terasa lebih segar.

3. Citrus Iced Tea

Jika biasanya lemon tea lebih populer, maka minuman yang satu ini tak kalah segarnya. Aroma dan rasanya lebih manis, sangat cocok bagi kamu yang kurang menyukai citarasa asam. Untuk membuat citrus iced tea, seduh teh terlebih dahulu, kemudian sisihkan.

Iris bulat sebagian jeruk manis, sisihkan. Peras sisa jeruk, tuangkan air perasan jeruk dalam gelas saji. Kemudian, tuangkan seduhan teh, aduk sampai merata. Tambahkan gula cair bila suka. Masukkan irisan jeruk manis dan es batu, citrus iced tea pun siap disajikan.

4. Orange & Mango Delight

Perpaduan antara jeruk dan mangga sudah pasti merupakan kombinasi yang tak terkalahkan. Rasa segar manis dan sensasi asam yang khas tentu akan sulit untuk ditolak. Untuk membuat orange & mango delight, pilihlah buah mangga yang sudah matang. Potong dadu, kemudian sisihkan. Tuang air perasan jeruk manis dalam gelas saji, tambahkan gula cair secukupnya. Masukkan potongan mangga dan es batu sesuai selera. Kamu juga bisa menambahkan jelly ataupun nata de coco, serta irisan buah jeruk agar orange & mango delight bikinanmu jadi makin terasa lezat.

5. Es Jeruk Kopyor

Minuman yang satu ini tentu sudah cukup populer di beberapa daerah di Indonesia. Segarnya es jeruk manis yang dipadu dengan lembutnya kopyor merupakan kombinasi yang tepat untuk melegakan tenggorokan di tengah teriknya hari. Apabila kamu kesulitan menemukan kopyor, kamu bisa membuat kopyor sintetis dengan menggunakan jelly tanpa rasa yang dicampur dengan santan, kemudian diserut agar berbentuk seperti kopyor asli.

Tertarik untuk mencoba minuman olahan jeruk diatas? Yuk, segera beli bahan yang kamu butuhkan hanya di TaniHub dan nikmati sensasi belanja praktis tanpa perlu keluar rumah.