10 Keuntungan Rajin Membuat Laporan Akuntansi Bagi Pelaku UMKM

Mengembangkan suatu usaha mikro kecil menengah atau UMKM merupakan hal yang tidak mudah. Ada berbagai strategi yang perlu dilakukan agar usaha yang dirintis bisa berkembang dan sukses. Salah satu cara yang harus dilakukan pengusaha adalah dengan membuat akuntansi UMKM.

Akuntansi untuk UMKM ini diperlukan agar laporan keuangan lebih terstruktur. Sayangnya, sebagian pengusaha hanya berfokus pada kegiatan marketing dan pengembangan produk saja. Banyak pengusaha yang masih menganggap bahwa akuntansi ini tidak terlalu penting. Ingin tahu alasan mengapa akuntansi bagi UMKM di Indonesia sangat penting? Yuk, cari tahu alasan lengkapnya dalam ulasan berikut.

Mengenal Akuntansi pada UMKM

Akuntansi tidak hanya digunakan oleh perusahaan besar saja. Justru UMKM juga sangat membutuhkan adanya akuntansi bisnisnya. Akuntansi tidak harus rumit dan membingungkan. Akuntansi sederhana sudah cukup bagi usaha kecil untuk mengetahui jumlah keuntungan dan kerugian yang diperoleh. Hal ini dapat membantu usaha kecil dalam merancang langkah-langkah tepat yang akan diambil kedepannya serta meminimalisir kerugian.

Masalah krusial yang sering ditemukan pada UMKM di Indonesia adalah masalah keuangan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan pemilik UMKM dalam mengelola dan membukukan keuangan usaha, sehingga pemasukan dan pengeluaran keuangan tidak tercatat dengan jelas dan rapi. Pencatatan sederhana sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis. Melalui akuntansi, pemilik UMKM dapat melihat kondisi dan perkembangan bisnis, termasuk keuntungan dan kerugian perusahaan. Dengan ini, akuntansi dapat dijadikan patokan dalam merancang strategi bisnis kedepannya.

Di artikel ini, Kami memberi penjelasan dan pengertian dasar mengenai akuntansi serta pentingnya memiliki akuntansi keuangan usaha, khususnya bagi UMKM. Akuntansi UMKM juga dapat dibuat dengan mudah dan praktis di software pencatatan keuangan Jurnal by Mekari yang dapat di install di Play Store. Hanya menggunakan smartphone, kamu sudah bisa mencatat dan mengelola keuangan usahamu. Sebelum itu, apa sih yang sebenarnya dimaksud dengan akuntansi?

Pengertian Dasar Akuntansi

Akuntansi merupakan dasar dari sistem akuntansi sebuah usaha bisnis. Menurut UU Nomor 28 Tahun 2007 Pasal 28, akuntansi adalah suatu proses pencatatan yang dilakukan secara teratur untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan yang meliputi harta, kewajiban, modal, penghasilan dan biaya, serta jumlah harga perolehan dan penyerahan barang atau jasa, yang ditutup dengan menyusun laporan keuangan berupa neraca, dan laporan laba rugi untuk periode Tahun Pajak tersebut.

Dalam sistem akuntansi, terdapat dua metode umum, yakni sistem masukan-tunggal dan sistem masukan-berpasangan.

Sistem yang umumnya digunakan di usaha kecil menengah dengan volume transaksi rendah ke sedang adalah sistem masukan-tunggal. Sumber akuntansi yang digunakan adalah buku kas primer. Sistem masukan-tunggal sifatnya menyerupai rekening koran – tidak ada pengelompokan khusus pada setiap pos pengeluaran dan pemasukan.

Sedangkan, sistem akuntansi masukan berpasangan lebih sering digunakan oleh perusahaan berskala lebih besar. Pada sistem akuntansi ini, terdapat akun khusus untuk pemasukan (debit) dan pengeluaran (kredit) yang terpisah, sehingga arus keuangan yang kompleks dapat dipantau dengan lebih mudah dan jelas. Sistem akuntansi inilah yang dapat membantu memetakan arus keuangan usaha dengan lebih jelas dan nyata.

10 Alasan Pentingnya Akuntansi Bagi UMKM

1. Sebagai Perencana

Alasan pertama mengapa akuntansi UMKM sangat penting adalah karena bisa dijadikan sebagai perencana usaha ke depannya. Melalui akuntansi, semua biaya untuk proses produksi dan biaya operasional usaha akan diketahui dengan jelas. Jika akuntansi tersebut tidak ada, maka pengusaha akan kesulitan saat menentukan rencana bisnis yang selanjutnya.

2. Sebagai Alat Penilaian

Akuntansi bagi UMKM juga sangat penting untuk alat penilaian. Suatu bisnis dinilai sukses dilihat dari jumlah barang yang terjual. Besarnya berapa banyak jumlah barang yang terjual tersebut bisa dilihat dari jumlah uang yang masuk dan keluar.

Untuk mengetahui transaksi keuangan dalam usaha yang dijalani tersebut, peran akuntansi sangatlah penting. Akuntansi ini akan menjadi alat penilaian dan dokumentasi tentang segala jenis transaksi keuangan dalam usaha. Jadi, setiap pengusaha wajib menyusun akuntansi agar memudahkan proses penilaian.

3. Alat Untuk Mengetahui Jumlah Transaksi

Alasan pentingnya akuntansi UMKM yang selanjutnya adalah sebagai alat untuk mengetahui jumlah transaksi. Setiap usaha tentu mempunyai transaksi yang perlu dicatat.

Dengan menyusun akuntansi, setiap transaksi dalam usaha yang dijalani akan terlihat dengan sangat detail.

Jumlah transaksi yang masuk dan transaksi keluar juga sangat mudah untuk dipantau. Pengusaha juga tidak perlu khawatir dengan transaksi yang tidak akan tercatat dalam akuntansi. Yang pasti, jumlah transaksi akan tersusun secara rapi dan jelas.

4. Alat Untuk Pengambilan Keputusan

Dengan menyusun akuntansi, setiap pengusaha UMKM dapat mengambil keputusan untuk strategi bisnis selanjutnya. Dari akuntansi yang disusun, pengusaha dapat memperhatikan strategi awal yang diterapkan dalam bisnis. Perlu diperhatikan apakah strategi tersebut sudah membuat usaha menjadi berkembang? Jika strategi tersebut tidak bisa membuat usaha berkembang, maka pengusaha perlu mengganti strategi tersebut.

5. Alat Untuk Mengetahui Jumlah Keuntungan Dan Kerugian

Peran akuntansi UMKM juga sangat penting untuk mengetahui jumlah keuntungan dan kerugian dalam usaha yang dijalankan. Data keuangan dari akuntansi akan menunjukkan bagaimana jumlah keuntungan dan kerugian yang didapatkan. Karena itulah, pengusaha wajib membuat akuntansi setiap periode agar mudah untuk mengetahui keuntungan dan kerugian usaha.

6. Mudah Dalam Penghitungan Pajak

Setiap pengusaha mempunyai kewajiban untuk membayar pajak. Dalam menghitung besaran pajak yang harus dibayarkan tidak boleh asal dan salah perhitungan. Jika pengusaha mengalami kesalahan dalam menghitung besaran pajak, maka dapat merugikan pengusaha itu sendiri.

Agar perhitungan pajak usaha tidak sembarangan dan tidak salah, sangat perlu adanya akuntansi dari usaha yang dijalankan. Dengan akuntansi, besaran pajak usaha yang harus dibayar akan mudah untuk dihitung karena keuangan dalam usaha terlihat jelas. Jadi, tidak akan ada lagi kesalahan dalam perhitungan pajak.

7. Alat Untuk Mengetahui Jumlah Modal, Aset, Dan Hutang

Alasan lain mengapa akuntansi UMKM sangat penting adalah untuk mengetahui jumlah aset dan modal yang dimiliki. Besaran hutang perusahaan juga akan terlihat. Jadi pergerakan aset, modal, dan hutang akan terpantau dengan jelas. Jika usaha tersebut tidak mempunyai akuntansi, maka akan sulit untuk mengetahui jumlah aset, modal, dan hutang yang dimiliki.

Apalagi hutang merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Jika pengusaha tidak mengetahui catatan hutang yang dimiliki, maka bisa berakibat fatal untuk usaha yang dijalankan. Dengan akuntansi, pengusaha bisa mengetahui jumlah hutang yang harus dibayar. Bahkan, tanggal jatuh tempo hutang tersebut juga tercatat dengan jelas dalam akuntansi.

8. Mudah Dalam Mengontrol Biaya

Setiap biaya dalam usaha yang dijalankan perlu dicatat dengan benar dan jelas. Biaya yang perlu dicatat ini meliputi biaya yang dikeluarkan untuk produksi dan biaya untuk operasional. Dengan adanya akuntansi, rincian biaya dalam usaha ini akan terpantau dengan jelas dalam suatu periode.

Setiap rincian biaya yang tercatat dalam akuntansi akan membantu pengusaha untuk menentukan besaran harga produksi. Pengusaha juga akan terbantu dalam menghitung besaran untung dan rugi yang didapat. Jika tidak ada akuntansi yang berisi laporan keuangan, maka akan sulit untuk menentukan harga produksi dan mengetahui besaran untung rugi.

9. Informasi Untuk Manajemen

Akuntansi UMKM juga sangat penting untuk manajemen setiap perusahaan. Misalnya seperti investor yang telah memberikan modal untuk usaha yang dijalankan. Para investor ini pastinya memerlukan akuntansi usaha yang jelas. Dengan adanya akuntansi, investor dapat mengetahui apakah modal yang diberikan telah digunakan sebaik mungkin.

Karena itulah, setiap pengusaha tidak boleh mengabaikan akuntansi untuk usaha yang dijalankan. Jika akuntansi ini tidak disusun, maka akan sulit untuk mendapat investor untuk pengembangan usaha yang selanjutnya. Hal ini jelas merugikan pengusaha itu sendiri.

10. Mudah Untuk Mendapat Pinjaman Bank

Alasan terakhir pentingnya akuntansi bagi UMKM adalah untuk kemudahan mendapat pinjaman dari bank. Jika usaha yang dijalankan mempunyai akuntansi yang jelas, maka pihak bank dapat dengan mudah menilai usaha tersebut. Apakah memang layak untuk mendapat pinjaman dari bank atau tidak layak.

Berbeda dengan usaha yang tidak mempunyai akuntansi dengan jelas. Pinjaman dari bank akan sulit untuk didapatkan. Hal ini terjadi karena usaha tersebut tidak bisa memberikan bagaimana keuangan dalam usaha yang dijalankan. Jadi, pihak bank tidak dapat menilai bagaimana kinerja usaha tersebut.

Masih Mengabaikan Akuntansi pada Bisnis?

Itulah ulasan lengkap tentang alasan mengapa akuntansi UMKM sangat penting untuk jalannya usaha. Tanpa akuntansi, pengusaha akan merasa kesulitan dalam menjalankan dan mengembangkan usaha yang dimiliki. Menyusun akuntansi memang cukup sulit. Namun, mengingat banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari akuntansi, maka wajib kiranya setiap pengusaha menyusun akuntansi mulai sekarang.

Setelah Anda membaca beberapa alasan penting akuntansi bagi UMKM, apakah Anda masih ragu untuk menggunakan akuntansi?

Akuntansi adalah salah satu hal yang penting bagi UMKM karena dengan adanya akuntansi, pencatatan penjualan dan stok barang lebih teratur dan Anda bisa mengontrol pemasukan dan pengeluaran usaha Anda. Untuk memudahkan akuntansi Anda, pasti Anda membutuhkan software pencatatan keuangan untuk akuntansi dan kemudahan pengelolaan keuangan bisnis Anda

Jurnal by Mekari salah satu software pencatatan keuangan UMKM yang memiliki fitur terlengkap. Dengan ini Anda dapat mengatur laporan keuangan dan laba rugi perusahaan yang dapat di akses dimana saja dan kapan saja.

Jurnal by Mekari merupakan software pencatatan keuangan online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal by Mekari adalah memudahkan akuntansi serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal by Mekari hadir sebagai software pencatatan keuangan untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan Jurnal by Mekari, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Jurnal by Mekari bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan software pencatatan keuangan ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Jadi, Jurnal by Mekari menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time. Menariknya, Jurnal by Mekari telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Jurnal by Mekari dapat di akses di laman https://www.Jurnal.id dan tersedia di platform Android. Download aplikasinya melalui PlayStore untuk mendapatkan layanan akuntan profesional secara gratis selama 14 hari.