Beragam Keuntungan Menjadi Seller di Pasar Digital UMKM!

Untuk memperluas akses pasar usaha Anda, tentu dibutuhkan beberapa tahapan dan perjuangan yang tidaklah mudah. Perjuangan tersebut tentu sangat membutuhkan tenaga yang banyak dan juga waktu yang tidak sedikit. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan beragam detail-detail kecil yang sangat penting untuk kemajuan usaha Anda.

Tentu usaha-usaha Anda itu berujung pada kesuksesan dan kemajuan Anda yang tenutnya bisa mendatangkan banyak keuntungan bagi Anda. Namun, tidak sedikit juga pelaku usaha yang tidak kuat akan goncangan badai yang terjadi di tengah perjalanan dan perjuangannya. Alhasil, mereka lebih memilih memperkecil usahanya ataupun menggulung tikar.

Bagi para pelaku usaha, Anda tentu bisa mendaftarkan usaha Anda sebagai UMKM resmi yang terdaftar di Kementerian Koperasi dan UKM. Hal ini sangat penting mengingat legitimasi dari lembaga resmi dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap usaha Anda. Belum lagi, terdaftarnya usaha Anda sebagai UMKM resmi dapat memudahkan Anda dalam banyak hal.

UMKM memang merupakan salah satu tiang utama dalam perekonomian Indonesia. Sektor yang satu ini dianggap sangat penting hingga menjadi perhatian khusus oleh pemerintah Republik Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan dengan beragam kebijakan pemerintah yang terkadang menjadikan UMKM sebagai salah satu objek yang sangat amat diperhatikan.

UMKM sendiri memang menjadi salah satu wujud dari ekonomi kerakyatan yang telah berlangsung lama di Indonesia, bahkan mungkin sebelum kemerdekaan. Oleh karenanya model ini terus berlangsung hingga saat ini ditambah dengan beragam kebijakan yang terus memihak kepada daftar UMKM yang telah terverifikasi dengan baik di Kementerian Koperasi dan UKM.

Apalagi pemerintah saat ini terus menghadirkan inovasi untuk menghidupkan kembali UMKM-UMKM yang jatuh lesu akibat badai pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia selama 2 tahun lebih. Salah satu inovasi yang dihadirkan oleh pemerintah Indonesia adalah hadirnya sebuah platform digital yang membantu mempertemukan daftar UMKM terpercaya di Indonesia dengan BUMN yang ada di seluruh Indonesia.

Platform itu diberi nama Pasar Digital UMKM yang tentunya identik dengan UMKM. Pemerintah menginginkan anggaran yang ada pada BUMN dapat dialokasikan kepada UMKM-UMKM yang memiliki kesempatan untuk menjadi vendor pengadaan barang dan jasa BUMN. Karena dengan hal itu, roda perputaran ekonomi Indonesia akan bergerak lebih cepat dan memajukan daftar UMKM di Indonesia.

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan jika daftar UMKM tersebut bergabung dengan Pasar Digital UMKM, mulai dari:

  1. Transaksi dari pembeli retail atau masyarakat luas
  2. Transaksi dari pembeli buyer group atau BUMN
  3. Akses pasar yang lebih luas hingga ke mancanegara
  4. Akses peminjaman modal yang mudah. Tunjukan bukti transaksi kepada lembaga pembiayaan yang telah ditunjuk oleh PaDi UMKM untuk akses peminajaman modal tersebut
  5. Informasi-informasi penting terkait beragam kebutuhan barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh BUMN
  6. Negosiasi yang mudah, karena hanya cukup dilakukan secara online
  7. Hemat tenaga dan waktu karena tidak membutuhkan proses tatap muka

Dengan banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan, sangat disayangkan jika Anda tidak melakukan daftar UMKM sebagai penjual di Pasar Digital UMKM. Oleh karena itu, segera lakukan daftar UMKM sebagai penjual di Pasar Digital UMKM sekarang juga!