Sensasi Wisata Kuliner di Kota Solo

Kota Solo, Surga Kuliner

Hello Sobat Tombak Berita, apakah kalian sedang mencari destinasi wisata kuliner yang menenangkan hati dan perut? Mungkin Kota Solo bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kalian kunjungi. Kota Solo terkenal dengan keratonnya yang megah dan kultur Jawa yang kental. Namun, selain itu, Kota Solo juga memiliki beragam kuliner yang terkenal dan patut dicoba. Ingin tahu apa saja makanan khas yang wajib dicoba di Solo? Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Sate Kere Solo

Sate Kere Solo adalah salah satu kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke Kota Solo. Mengapa disebut sate kere? Karena sate ini awalnya dibuat oleh para pedagang kere atau pedagang kecil yang menjual sate sebagai usaha mereka. Sate Kere Solo memiliki cita rasa yang khas dan dagingnya empuk. Untuk menikmati sate kere Solo, kamu bisa datang ke Jalan Kusuma Bangsa, Pasar Kliwon.

Tiwul Wonogiri

Tiwul Wonogiri adalah makanan khas yang terbuat dari singkong yang dihancurkan dan dikeringkan. Makanan ini biasanya disajikan dengan kuah yang gurih dan pedas. Tiwul Wonogiri biasanya dihidangkan sebagai lauk dengan nasi atau bisa juga dijadikan camilan. Kamu bisa mencari Tiwul Wonogiri di pasar tradisional atau restoran di kota Solo.

Bakmi Jawa

Bakmi Jawa adalah salah satu makanan khas Jawa yang terkenal dan wajib dicoba saat berkunjung ke kota Solo. Bakmi Jawa terbuat dari mie kuning yang disajikan dengan kuah kaldu ayam atau sapi. Bakmi Jawa biasanya dihidangkan dengan irisan ayam atau daging sapi, telur, dan sayuran. Bakmi Jawa bisa kamu temukan di warung-warung makan di sepanjang Jalan Gajahmada atau Slamet Riyadi.

Nasi Liwet

Nasi Liwet adalah salah satu kuliner nasi khas Jawa yang terkenal di Solo. Nasi Liwet terbuat dari beras yang dimasak dengan santan, daun pandan, dan rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, dan kapulaga. Nasi Liwet biasanya disajikan dengan ayam atau ikan, sayuran, dan sambal. Kamu bisa mencari Nasi Liwet di rumah makan atau warung-warung makan yang ada di kota Solo.

Soto Gading

Soto Gading adalah makanan khas Solo yang terkenal dengan kuah kaldu ayamnya yang gurih dan pedas. Soto Gading biasanya dihidangkan dengan nasi putih, potongan ayam, tauge, dan sambal. Kamu bisa mencari Soto Gading di daerah Pasar Gede atau Pasar Klewer.

Tahu Campur

Tahu Campur adalah makanan khas Solo yang terdiri dari tahu, mie, telur rebus, dan cendol yang disajikan dengan kuah kaldu yang gurih dan pedas. Tahu Campur bisa kamu temukan di Pasar Gede Solo.

Wedang Ronde

Wedang Ronde adalah minuman khas Solo yang terbuat dari bola-bola ketan yang diisi dengan kacang hijau dan disajikan dengan kuah jahe dan gula merah. Minuman ini sangat cocok dihidangkan saat cuaca dingin atau malam hari. Kamu bisa mencari Wedang Ronde di warung-warung makan atau penjual keliling di kota Solo.

Kue Lapis Legit

Kue Lapis Legit merupakan kue khas Solo yang terbuat dari lapisan-lapisan yang diisi dengan bahan-bahan seperti telur, mentega, dan gula. Kue Lapis Legit biasanya dihidangkan sebagai kue lebaran atau dikemas sebagai oleh-oleh. Kamu bisa mencari Kue Lapis Legit di sentra oleh-oleh di sekitar kota Solo.

Kuliner Malam di Alun-Alun Kidul

Selain kuliner yang disajikan di warung-warung makan, di Kota Solo juga terdapat kuliner malam yang bisa kamu nikmati. Salah satunya adalah kuliner malam di Alun-Alun Kidul. Di sana kamu bisa menikmati berbagai jenis kuliner seperti sate, soto, bakso, dan masih banyak lagi dengan suasana malam yang hangat dan menyenangkan.

Kesimpulan

Itulah beberapa kuliner khas Kota Solo yang patut dicoba saat kamu berkunjung ke sana. Selain itu, Kota Solo juga memiliki beragam kuliner lain yang bisa kamu nikmati seperti nasi pecel, sate buntel, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk mencoba dan menikmati kuliner khas Solo saat berkunjung ke sana ya, Sobat Tombak Berita!