Rekomendasi Kuliner Khas Pacitan Yang Bisa Jadi Pilihan

Pacitan tidak hanya terkenal sebagai daerah wisata di Jawa Timur, karena tempat ini memiliki banyak pilihan kuliner yang enak-enak. Salah satu kuliner yang wajib dicoba ketika ke Pacitan adalah soto, namun selain itu terdapat juga banyak pilihan makanan di sini.

Berangkat dari Semarang ke Pacitan paling tepat dengan menggunakan travel Semarang Pacitan untuk perjalanan lebih menyenangkan. Berikut beberapa rekomendasi kuliner khas Pacitan yang wajib dicoba.

1. Kupat Tahu

Yang pertama ada kuliner kupat tahu yang juga menjadi favorit mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kupat tahu ini memiliki ciri khas yaitu bumbunya menggunakan kuah kecap yang kental lalu ditambah dengan air bawang putih yang sudah pasti gurih.

Kupat tahu paling terkenal ada di Kupat tahu Minulyo yang lokasinya ada di daerah Purwoharjo, Ploso, Pacitan. Kupat tahu ini berisi lontong dan tahu goreng, toge, kol dan ada irisan daun seledri.

2. Sego Godhong Jati

Untuk Anda yang ingin sarapan masakan khas Pacitan maka harus pilih sego godong jati. Makanan ini sebenarnya merupakan jenis nasi campur yang dibungkus menggunakan daun jati sehingga rasanya menjadi lebih unik.

Dahulu sego godong jati lebih banyak disajikan saat hajatan namun sekarang jadi kuliner khas Pacitan yang melegenda. Nasi campur ini berisi tumis tempe, ikan asin, sayur dan peyek teri.

3. Sego Gobyos Pacitan

Selain nasi campur dengan bungkus daun jati, Pacitan juga punya Sego gobyos. Menu kuliner ini sangat cocok bagi Anda yang suka makanan pedas karena sajian masakannya terdiri dari nasi, sayur kenikir dan juga lauk. Lalu kemudian disajikan dengan kuah sambal yang rasanya sangat.

Sego Gobyos Kera Ngalam adalah yang paling terkenal dan lokasinya ada di Pasar Arjawinangun Pacitan.

4. Tahu Tuna Pacitan

Berikutnya ada jajanan khas Pacitan yang merupakan makanan murah meriah tapi bergizi. Makanan ini merupakan tahu goreng yang sangat unik karena cemilan ini memiliki isian dengan daging giling tuna.

Biasanya Anda makan tahu goreng dengan tidak ada isian, namun berbeda dengan tahu khas Pacitan ini. Anda bisa menemukan tahu dengan isian daging tuna di Tahu Tuna Pak Tan di Jalan Supratman Sidoharjo, Pacitan.

5. Pecel Punten Pacitan

Pacitan juga punya pecel khas yaitu pecel punten. Punten ini merupakan makanan yang punya tekstur mirip lontong namun lebih putih dan juga lebih halus. Punten dibuat dari bahan beras dan santan kemudian ditumbuk halus dan disajikan kotak-kotak.

Biasanya punten disajikan dengan pecel sayur dan kerupuk agar rasanya lebih nikmat dan gurih. Untuk menemukan pecel punten Anda bisa ke Pasar Sundeng Pacitan.

6. Jadah Bakar

Jadah Bakar adalah makanan khas Pacitan yang juga tidak boleh dilewatkan. Jadah ini dibuat dari ketan yang kemudian diolah lalu untuk penyajiannya dengan dibakar. Jadah ini punya rasa yang gurih dari ketan lalu dicocol dengan gula halus yang manis.

Adapun jada bakar paling enak lokasinya ada di sebuah warung dekat RSUD Dr Darsono Pacitan yaitu Warung Tanlu Mbah Geger.

Anda yang ingin berkunjung ke Pacitan dari Semarang maka wajib pilih travel Altha Rent agar perjalanan jauh lebih menyenangkan dan aman. Jasa travel ini sangat profesional dan membantu melayani perjalanan dengan sistem booking travel secara online.

Untuk yang ingin pulang dari Pacitan menuju Semarang juga bisa pilih travel Pacitan Semarang Altha Rent ini, karena dari segi biaya sewa juga terjangkau apalagi jika pilih paket all-in.